Nama : Johan Tamin
NIM : 1404505110
Jurusan : Teknologi Informasi, Universitas Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Jaringan dan Server (C)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
OTT (Over The Top) merupakan teknologi informasi di bidang
pendekatan dan permodelan seperti bentuk aplikasi yang memanfaatkan koneksi
internet dari provider serta sebagian besar berbentuk atau berbasis mobile.
Contoh dari Over The Top (OTT) adalah audio/video streaming, sistem chatting,
messaging, dan jejaring sosial. Over The Top berjalan pada Application Layer,
yaitu layer teratas pada permodelan layer TCP/IP dan OSI. OTT sebagian besar
berjalan pada platform mobile. Seperti handphone, smartphone, dan PDA (Personal
Digital Assistant). Namun ada beberapa
juga yang berjalan pada sistem desktop.
Layanan dan penerapan system OTT di dunia nyata pada
dasarnya tidak dapat berdiri sendiri. OTT memerlukan OTT World dan Telco World
dalam penerapannya dimana ketiganya ini saling berkaitan.
1.
Telco World
Merupakan ranah penyedia layanan komunikasi
dan jaringan komputer (provider). Telco World diisi oleh ISP (Internet Service
Provider) dan provider layanan komunikasi dan internet. Telco World berfungsi
sebagai penyedia infrastruktur internet, koneksi internet, dan jalur komunikasi
sebagai penunjang fungsionalitas aplikasi dan layanan yang berbasis OTT. Contoh
perusahaan yang berada di Telco World adalah Telkomsel, XL, Indosat, dan
provider-provider layanan internet dan komunikasi lainnya.
2.
OTT World
Merupakan tempat para pembuat dan
pengembang aplikasi dan layanan berbasis OTT berada. Semua penyedia layanan dan
bisnis berbasis OTT berada pada ranah/wadah ini. Ada beberapa perusahaan yang
memakai system OTT, contohnya :
1)
Yahoo
Yahoo merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang e-mail, search
engine, news (berita), sharing foto, dll. Salah satu fitur Yahoo yaitu layanan
tatap muka berbahasa Indonesia yeng lebih mudah dimengerti. Sebagian besar
layanan dalam Yahoo adalah berbasis OTT
2)
Google
Google merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang e-mail, search
engine, aplikasi penyimpanan berbasis cloud (Google doc dan google drive),
jejaring sosial (G+), dan sejumlah layanan yang berbasis online, cloud, dan
OTT.
3)
Youtube
Youtube merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang audio/video
streaming dan jejaring sosial. Konten utama youtube adalah fitur streaming
audio (musik) dan video secara online. Youtube juga dapat diakses melalui
platform mobile.
4)
Facebook
Facebook merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang jejaring sosial.
Facebook juga menyediakan layanan Cloud Computing, dimana orang bisa membuat
aplikasi dengan mengikuti platform yang ditentukan facebook. Facebook juga
dapat diakses melalui platform mobile.
5)
Twitter
Twitter merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang jejaring sosial.
Twitter juga menyediakan layanan micro blog yang berbasis OTT. Seperti halnya
facebook, twitter memiliki sejumlah aplikasi didalamnya yang dapat diakses pada
platform mobile.
3.
OTT Service
Merupakan semua bentuk aplikasi-aplikasi di
dunia digital yang berbasis OTT dan memanfaatkan infrastruktur dan koneksi
internet yang disediakan oleh Telco World. Ada beragam jenis layanan OTT yang
sekarang meluas di dunia online. Antara lain layanan streaming audio/video
online, jejaring sosial, messaging, chatting, dll. Aplikasi OTT sebagian besar
berjalan di platform mobile dan membutuhkan koneksi internet.
Ketiga elemen OTT yang telah disebutkan tadi pada dasarnya
tidak dapat berjalan sendiri. Telco World tidak akan mendapatkan
penghasilan/pemasukan dari layanan infrastruktur dan koneksi internetnya tanpa
adanya OTT Service yang disediakan oleh OTT World. OTT World tidak dapat
berjalan atau berkembang tanpa adanya pengguna layanan yang menggunakan OTT
Service dan penyedia infrastruktur internet dari Telco World. OTT Service tidak
akan berjalan tanpa adanya pengembang atau pembuat dari OTT World dan layanan
infrastruktur internet dari Telco World.
Aplikasi dan layanan OTT memiliki beberapa kategori. Yaitu
Social network dan Social media, Messaging, dan Streaming audio/video.
1.
Social Network & Social Media
Kategori ini menekankan pada layanan
jejaring sosial dan media sosial. Pada layanan ini, pengguna dapat saling
berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya. Saat ini banyak layanan
Social Network dan Social Media yang berbasis OTT dan dapat diinstall di
platform mobile maupun desktop.
Perbedaan Social Media dan Social Network
adalah :
-
Social Media merupakan media yang disediakan pengembang
aplikasi kepada pengguna sebagai ruang dan media untuk berinteraksi secara
online.
-
Social Network merupakan bentuk hubungan antar pengguna
social media yang saling berinteraksi satu sama lain membentuk sebuah jaringan
(network) sosial.
Aplikasi dan layanan OTT dalam
kategori Social Network & Social Media bisa dikategorikan ke bagian yang
lebih spesifik lagi, yaitu :
1)
Social Connection
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
mengkhususkan pada koneksi antar sesama pengguna. Fitur-fitur umum yang
disediakan adalah add friend, membuat status, kirim terima pesan, dan
fitur-fitur lainnya yang terdapat pada jejaring sosial pada umunya. Contoh
aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)
Facebook
Merupakan jejaring sosial berbasis OTT yang juga menyediakan fitur
berbagi status, aplikasi game, chatting, dll. Dapat diakses di desktop maupun
mobile.
b)
Twitter
Merupakan jejaring sosial yang hampir sama dengan facebook. Menyediakan
fitur tweet, berbagi foto, follower, dll. Dapat diakses di desktop maupun
mobile.
c)
Google Plus (G+)
Merupakan jejaring sosial yang menyediakan layanan yang terintergrasi
dengan hampir semua layanan google seperti Gmail. Dapat diakses di desktop
maupun mobile .
d)
MySpace
Merupakan jejaring sosial ternama sebelum adanya Facebook. Saat ini masih
ada beberapa yang menggunakan jejaring sosial ini. Dapat diakses di desktop
maupun mobile.
e)
Mindtalk
Merupakan jejaring sosial buatan Negara sendiri. Memiliki fitur channel
yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera sendiri. Bahkan kita dapat
membuat sendiri channel yang kita inginkan.
2)
Multimedia Sharing
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
mengkhususkan untuk berbagi (sharing) file-file multimedia (audio, video, dll).
Fitur-fitur umum yang disediakan adalah upload, download, berbagi komentar,
rate (peringkat), dan berbagi alamat URL. Contoh aplikasi-aplikasi pada
kategori ini yaitu :
a)
Youtube
Merupakan aplikasi streaming audio/video online. Menyediakan fitur upload
video, berbagi komentar, dan rate. Dapat diakses di desktop maupun mobile.
b)
Flickr
Merupakan layanan multimedia berupa foto digital dalam bentuk layanan
berbasis web. Memanfaatkan konsep kompresi di dalam jaringan komputer.
c)
Picasa
Merupakan layanan aplikasi yang digunakan untuk mengunggah file gambar
digital ke internet secara cepat. Tersedia platform untuk mobile maupun desktop
3)
Profesional
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki minat, bakat dan kerja yang sama
maupun berbeda. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah menambah relasi
berdasarkan kesamaan (minat, bakat, pekerjaan), komunikasi, berbagi (share)
melalui alamat URL, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)
LinkedIn
Merupakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang lebih
mengarah ke pekerjaan atau bisnis. LinkedIn bersifat umum untuk semua profesi.
b)
Classroom
Classroom menyediakan banyak hal yang dapat didiskusikan, seperti forum,
konten, dll. Classroom bersifat umum untuk semua profesi.
c)
Nurse Connect
Jejaring sosial yang mengkhususkan di bidang perawat (nurse)
4)
Informational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
mengkhususkan untuk berbagi (sharing) informasi kepada khalayak maupun ke sesama
member di komunitas dalam jejaring sosial kategori informational. Fitur-fitur
umum yang disediakan adalah fasilitas pencarian (search), kategori berita, dll.
Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu :
a)
Super Green Me
b)
HGTV discussion forum
c)
Do It Yourself Community
5)
Educational
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
mengkhususkan untuk membantu proses pembelajaran (edukasi), terutama pada
e-learning. Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan materi, kelas online,
jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu
:
a)
The Students Room
b)
The Math Forum
c)
EPAL School Blog
6)
Hobbies
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
dikhususkan untuk pengguna dengan hobi yang sama. Fitur-fitur umum yang
disediakan adalah forum, blog, sharing, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada
kategori ini yaitu :
a)
Oh My Bloom
b)
My Place at Scrapbook
c)
Sport Shouting
7)
Academic
Aplikasi dan layanan OTT kategori Social Network & Social Media yang
dikhususkan untuk civitas akademik seperti dosen, guru, peneliti, dll.
Fitur-fitur umum yang disediakan adalah penyediaan materi, kelas online,
jadwal, video conference, dll. Contoh aplikasi-aplikasi pada kategori ini yaitu
:
a)
Academia
b)
Connotea
2.
Messaging
Kategori aplikasi berbasis OTT ini lebih
menekankan ke layanan kirim dan terima pesan secara cepat (instant messaging).
Adanya aplikasi aplikasi messaging secara online memberikan kemudahan untuk
berkomunikasi dua arah maupun massal secara online, yaitu tidak terikat waktu
maupun tempat (kecuali tidak ada sinyal untuk provider). Beberapa contoh
aplikasi dalam kategori ini yaitu :
1)
WhatsApp
2)
Line
3)
Telegram
4)
Kakao Talk
5)
WeChat
3.
Streaming Audio/Video
Kategori aplikasi OTT ini lebih menekankan
ke layanan streaming file audio dan video secara online. Pengguna dapat
mengakses fitur streaming ini melalui desktop maupun mobile. Salah satu contoh
aplikasi kategori ini yang terkenal adalah youtube.
Pada aplikasi OTT kategori ini. Ada
beberapa hal penting yang perlu diketahui :
1)
Kualitas layanan dari sudut penyedia layanan
(QOS)
2)
Kualitas layanan dari sudut pengguna (QOS)
3)
Socket programming, port, IP address yang
menjadi syarat dalam koneksi jaringan komputer
4)
Pemahaman protocol-protokol yang digunakan
didalamnya (UDP, RDP)
Sumber
:
SMART
CITY BESERTA CLOUD COMPUTING DAN TEKNOLOGI-TEKNOLOGI PENDUKUNGNYA– I Putu Agus
Eka Pratama, penerbit Informatika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar